Permasalahan pada Kolam Renang

Biasanya permasalahan yang muncul pada sebuah kolam renang (menurut temuan kami tentunya) bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kerusakan oleh alam baik pasca bencana maupun pergerakan tanah, usia kolam renang yang sudah cukup lama serta tidak berfungsinya bagian kolam renang tertentu dengan semestinya karena penanganan perawatan kolam renang yang kurang baik. Masalah yang tidak segera ditangani dengan semestinya, umumnya akan menjadi lebih kompleks pada akhirnya.

Nah, pada artikel kali ini kami hanya ingin mengupas sedikit sebagai gambaran saja. Karena mungkin saja kolam renang anda mempunyai permasalahan yang sama dengan salah satunya.


Permasalahan pada Kolam Renang
Bagan Potensi Kerusakan pada Kolam Renang



Kerusakan kolam renang yang biasanya disebabkan oleh alam dan pergerakannya yaitu:
  • Bagian badan kolam renang patah dan biasanya bagian yang patah tersebut bisa mencapai dinding kolam dan lenskip atau bahkan hingga menghancurkan semua bagian kolam renang.
  • Terbentuk suatu retakan pada dinding atau lantai yang membuat kondisi kolam renang menjadi bocor.
  • Area lenskip kolam renang pecah karena tanah di bawahnya amblas atau turun.
  • Sistem Plumbing pecah atau bocor.
  • Keseluruhan bagian kolam renang hancur dan rusak.


Kerusakan kolam renang dikarenakan faktor usia yang sudah cukup lama yaitu:
  • Hilangnya nat di antara keramik atau mozaik yang bisa menimbulkan kebocoran kolam renang.
  • Keramik kolam renang pecah, lepas atau kusam dan kotor.
  • Rusaknya perlengkapan dan aksesoris kolam.
  • Sistem Filtrasi air kolam rusak atau sekedar tidak mampu berfungsi dengan baik.
  • Saluran pipa sirkulasi tidak lancar atau tersumbat.
  • Mesin pompa ngempos, atau bahkan keropos dan rusak

Permasalahan pada Kolam Renang
Perbaikan pada Kolam Renang

Permasalahan pada Kolam Renang

Proses perbaikan kerusakan pada kolam yang disebabkan oleh faktor alam biasanya akan membutuhkan biaya yang cukup besar dibanding kerusakan yang ditimbulkan dari faktor usia.. Bahkan terkadang memunculkan sebuah keputusan pemilik kolam renang untuk membangun kolam renang baru daripada harus melakukan perbaikan. Selebihnya dari kedua faktor tersebut biasanya disebabkan oleh kalalaian dan kurang baiknya perawatan pada kolam.

Akan tetapi kita juga tidak bisa mutlak menyalahkan perawat kolam renang saja, karena faktor kebiasaan buruk sisi pemakai kolam renang juga menjadi salah satu hal yang seringkali membuat kolam renang menjadi kotor bahkan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Dan sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa perawatan kolam renang, di sini kami bukanlah ingin membela diri. Tapi memang sudah sewajarnya bahwa kelestarian sebuah kolam renang merupakan sebuah tanggungjawab yang harus dijalankan secara bersama-sama oleh pihak-pihak yang berkaitan. 

Dan kesimpulannya adalah hanya rasa pedulilah yang bisa mewujudkan kolam renang kita menjadi awet, bersih serta dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. Jadi segala permasalahan yang muncul pada kolam renang mau tidak mau haruslah kita selesaikan secepat mungkin sebelum masalah yang lain akan menyusul dan membuat permasalahan menjadi kompleks dan semakin parah.


0 Response to "Permasalahan pada Kolam Renang"

Posting Komentar

Lokasi kami

PT.Dimulti Pilar Narmadi (POOL Division)
JL. As-syafi'iyah No.129, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur, Ph. +62 21 8430 5011 Ext.22
Fax. +62 21 2285 3790
Email. info@typeapprovalindonesia.com