Tipe Sistem Sirkulasi Kolam Renang

         Pernah saya singgung pada artikel sebelumnya tentang baik buruknya kriteria sebuah kolam renang bisa diperhitungkan dengan melihat kondisi sistem sirkulasinya. Sistem sirkulasi yang baik akan membuat kondisi air pada kolam renang menjadi terjaga kebersihannya karena penyaringan kotoran di dalam kolam akan bekerja maksimal. Namun pada kolam renang yang memiliki kondisi sistem sirkulasi yang buruk, kebersihan air kolam renang tak dapat dikelola dan hanya akan mempersulit penanganan sebuah perawatan.




Sistem Sirkulasi Kolam Renang
Circulation System



Sebuah sistem sirkulasi kolam renang ditunjang dan dipengaruhi oleh beberapa sistem turunannya, Yaitu:

  • Sistem Mekanikal berupa mesin pompa dan filter. Sebagai motor penggerak utama proses sirkulasi air pada kolam renang yang dihasilkan dari temuan tehnologi mutahir. Tanpa sistem ini pergerakan air kolam renang tidak akan berjalan dan kolam renang tidak akan pernah menghasilkan mutu air yang baik. Oleh sebab itu proses sirkulasi air kolam renang sangat bergantung pada sistem ini.
  • Sistem Elektrikal berupa panel yang terhubung dengan sebuah jaringan listrik yang memiliki fungsi sebagai penyuplai daya terhadap sistem mekanikal. Sebagai tenaga utama pada sistem sirkulasi kolam, sistem ini menjadi sebuah sistem yang penting dan tak bisa dipisahkan. 
  • Sistem Pemipaan (Plumbing) berupa jaringan instalasi pipa air yang dipetakan menurut kebutuhan. Sebagai jalur utama penghubung antara sistem mekanikal dan kolam renang, sistem pemipaan ini juga menjadi hal utama yang sangat penting keberadaannya pada sistem sirkulasi sebuah kolam renang. Rusaknya sistem ini juga akan berpengaruh terhadap baik buruknya proses sirkulasi air.

Tipe Sistem Sirkulasi Kolam Renang 

         Karena ketiga sistem diatas tidak dapat terpisah, maka hal tersebut akan selalu saling mendukung dan terikat antara yang satu dan lainnya menjadi sebuah sistem utama yang terpenting pada proses sirkulasi sebuah kolam renang untuk menghasilkan air kolam yang jernih, sehat dan menyegarkan. Dari sistem sirkulasinya kolam renang dibedakan menjadi dua tipe yaitu:

  • Skimmer Circulation System
Tipe Sistem Sirkulasi Kolam Renang
Schimmer Box
Adalah sistem sirkulasi kolam renang dengan menggunakan sebuah alat yang bernama Box Skimmer yang berfungsi sebagai:
  1. Penyeimbang batasan permukaan air atau elevasi air.
  2. Pintu gerbang masuknya air kotor di dalam kolam ke jalur instalasi pipa sirkulasi pada batas permukaan air, sehingga kotoran tersaring saat melewati keranjang yang terdapat di dalam schimmer.
  3. Sebagai area penyambung selang (vacumhouse) pada saat perawatan kolam renang.
  4. Sebagai tempat peletakan chemical padat.

Kelebihan pada sistem sirkulasi ini tidak memerlukan sebuah Balancing Tank (Tangki Penyeimbang) dikarenakan pada kolam dengan tipe sirkulasi ini air permukaan tidak melimpah ke luar kolam. Akan tetapi sistem ini memiliki kekurangan pada faktor kebersihan permukaan air kolam yang kurang baik sebab boks skimmer ini tidak bisa bekerja untuk menghisap seluruh kotoran pada kolam renang secara maksimal dan merata oleh karena daya hisap skimmer yang masih kurang kuat.


  • Over Flow Circulation System
Tipe Sistem Sirkulasi Kolam Renang
Over Flow System Circulation

Yaitu sistem sirkulasi kolam renang dengan penggunaan Gutter (Saluran air) sebagai tempat pembuangan air menuju area penampungan di Balancing Tank, sewaktu proses efek buatan terhadap air kolam dimana permukaan kolam renang mengalir tumpah atau melimpah ke luar. Baik dari salah satu sisi ataupun pada keseluruhan sisi kolam renang (Over Flow).

Kelebihan dari sistem sirkulasi ini adalah kebersihan permukaan air kolam menjadi lebih maksimal karena kotoran yang mengambang di permukaan air akan mengikuti aliran air menuju sisi luar kolam renang. Akan tetapi harus ada waktu pembersihan Balancing Tank karena biasanya kotoran dari saluran air berkumpul di dalamnya.



         Karena masing-masing tipe sistem sirkulasi kolam renang di atas akan berpengaruh pada bentuk dan struktur konstruksi sebuah kolam renang, maka dari itulah pilihan pada salah satu sistem sirkulasi menjadi salah satu hal penting yang harus masuk ke dalam draf perencanaan sebelum proses pembuataan kolam renang berlangsung. Namun alangkah baiknya jika anda juga mempertimbangkan kondisi finansial agar anda tidak akan menyesal suatu saat nanti.

Sekian saja dari kami, semoga bermanfaat.
Salam.

0 Response to "Tipe Sistem Sirkulasi Kolam Renang "

Posting Komentar

Lokasi kami

PT.Dimulti Pilar Narmadi (POOL Division)
JL. As-syafi'iyah No.129, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur, Ph. +62 21 8430 5011 Ext.22
Fax. +62 21 2285 3790
Email. info@typeapprovalindonesia.com