Mengenal Sistem Pengairan Kolam Renang

Mengenal Sistem Pengairan Kolam Renang


Tak ada salahnya jika kita juga harus mengenal beberapa sistem pengairan dalam kolam renang sebelum kita menentukan satu pilihan sistem yang akan kita terapkan pada kolam renang impian nanti. Karena sesungguhnya sebuah sistem tersebut berpengaruh pada sisi kebersihan yang maksimal sehingga akan membuat kolam renang menjadi sesuatu yang menyehatkan, bukan sebaliknya akan menjadi sesuatu yang menambah permasalahan dalam kehidupan kita selanjutnya. Untuk itu ada baiknya kita kenali satu persatu.

Mengenal Sistem Pengairan Kolam Renang


Dari sisi air kolam, kolam renang dapat dibedakan menjadi beberapa tipe, yaitu dari efek air yang berada di dalam kolam renang dan sistem pengisian ke dalam kolam renang. Agar lebih jelasnya mari kita mulai saja beberapa macam sistem yang biasa dipergunakan dan diaplikasikan di pengairan kolam.

Mengenal Sistem Pengairan Kolam Renang
Fill & Draw Sistem
  • Fill & Draw
Sebuah sistem pengairan yang kurang bagus jika diterapkan untuk saat ini. Pemakaian kolam pada tipe ini biasanya menunggu hingga kondisi air kolam penuh hingga level tertinggi yang ada pada kolam renang. Dan yang menjadikan faktor penyebab tipe ini sudah tidak layak diterapkan yaitu batas waktu pembuangan air kolam menjadi cukup lama karena tidak ada sistem sirkulasi air yang baik dan penghematan air menjadi sebuah hal yang diperhitungkan. Gejala kerusakan pada air kolam sulit untuk dikelola, karena sistemnya yang manual. Hanya jika fisik air sudah terlihat kotor atau hijau barulah dilakukan penggantian air. Bisa anda bayangkan bukan? Tentunya sudah tidak pas lagi untuk masa kini.

Mengenal Sistem Pengairan Kolam Renang
Flow Trough Sistem
  • Flow Trough
Yaitu sebuah sistem dimana pengisian air dan pembuangannya berjalan terus menerus. Sistem pengairan ini lebih sehat daripada sistem Fill & Draw. Pada saat ini masih bisa kita temukan pada kolam-kolam di area pemandian air panas yang wilayahnya memiliki sumber air yang melimpah. Dari fisiknya air lebih bersih karena sirkulasi air berjalan denagan baik sehingga air lama cepat terbuang dan senantiasa digantikan dengan air baru yang bersih. Pada sistem ini perawatannya sangat sederhana dan mudah, bahkan hampir tidak membutuhkan chemikal kimia. Kandungan zat-zat yang berada di dalam kolam ini akan sesuai dengan sumber airnya. Sehingga takaran Ph dan clorin tidak menjadi sebuah acuan dan kerusakan air lebih kecil atau bahkan nyaris tidak ada. Jadi masih mungkin jika diterapkan pada kolam anda jika sumber air anda juga melimpah.

Mengenal Sistem Pengairan Kolam Renang
Recirculating Sistem

  • Recirculating

Yaitu sebuah sistem sirkulasi air yang lebih mutakhir dibanding dengan sistem-sistem pengairan sebelumnya. Sistem ini ditunjang dengan sebuah peralatan modern berupa mesin pompa kolam renang dan sebuah filter untuk menyaring dan membersihkan air kolam. Sistem ini lahir dari penggabungan kedua sistem pendahulunya karena faktor penghematan air menjadi sebuah hal yang diperhitungkan juga. Akan tetapi kebersihan air dan kesehatan menjadi sebuah bagian yang paling penting untuk dijadikan sebagai tujuan sistem ini, sehingga hal ini berbanding lurus dengan biaya perawatannya karena memerlukan alat bantu dan pemakaian chemikal kimia. Sistem inilah yang sekarang banyak diterapkan untuk pengairan kolam renang baik itu yang bersifat privasi maupun komersil.

Pada sistem Recirculating yang diterapkan pada kolam renang juga bisa ditambahkan pula dengan efek Warm Water efek air hangat yang tentunya akan memberikan nilai tambah pada fungsi kolam renang seperti efek hangat agar air kolam sesuai dengan suhu tubuh kita. Atau bisa juga kita tambahkan Special Effect efek gerak seperti gelombang yang dihasilkan dengan menggunakan sistem whirlpool, atau air kencang seperti jeram dan prosotan dan lain sebagainya agar lebih seru.

Mungkin sekian dahulu, hanya segelintir pengetahuan yang bisa saya bagikan pada artikel ini, semoga menjadi sesuatu yang bermanfaat tentunya.

Salam.

0 Response to "Mengenal Sistem Pengairan Kolam Renang"

Posting Komentar

Lokasi kami

PT.Dimulti Pilar Narmadi (POOL Division)
JL. As-syafi'iyah No.129, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur, Ph. +62 21 8430 5011 Ext.22
Fax. +62 21 2285 3790
Email. info@typeapprovalindonesia.com