Level Kolam Renang

Dari beberapa hal yang harus kita perhatikan dan pertimbangkan sebelum proses pembuatan kolam renang anda dimulai, salah satunya adalah cari tahu terlebih dahulu tentang kondisi struktur tanah yang anda rencanakan untuk anda jadikan sebagai area penempatan kolam renang. Dengan maksud agar anda bisa mengambil sebuah pilihan yang tepat akan level penempatan kolam renang anda, karena struktur tanah juga berpengaruh besar pada sistem konstruksi dan tipe kolam renang. Dari contoh kasus yang pernah kita temui di lapangan, ada kolam renang di salah satu wilayah yang memiliki stuktur tanah bergerak, kondisinya rusak parah (patah) di bagian badan kolam renang yang tentunya akan menelan biaya yang cukup besar ketika kolam renang tersebut diperbaiki. Tidak ada salahnya bukan jika kita mengantisipasi dan meminimalkan potensi kerusakan jauh lebih awal.

Level Kolam Renang

Level Penempatan Kolam Renang di Tanah


Dari letaknya ini kolam renang bisa kita kategorikan dari sisi level penempatannya dari permukaan tanah menjadi beberapa tipe, yaitu:

Level Kolam Renang

  • Kolam Gali 
Tipe kolam renang ini memiliki dasar kolam lebih rendah dari permukaan tanah. Jadi pada saat proses pembuatannya memerlukan penggalian tanah pada area penempatannya. Karena seluruh konstruksinya tertanam di dalam tanah dari mulai fondasi hingga ke badan kolam renang, yang tersisa adalah sebagian yang dinamakan bibir kolam. Keuntungannya, kolam renang dengan tipe ini tidak mengganggu pemandangan sekitar karena dinding kolam tersembunyi di tanah.

Level Kolam Renang


  • Kolam Tanggul
Tipe kolam renang ini memiliki dasar kolam yang menempel atau rata dengan permukaan tanah. Bagian dinding dan badan kolam terlihat/muncul di atas permukaan tanah area penempatan. Yang tertanam di dalam tanah hanya bagian fondasi saja. Meskipun badan kolam sedikit menutupi pemandangan sekitar, kolam renang tipe ini aman untuk anak-anak di bawah umur yang ingin bermain di area sekitar kolam karena dinding kolam bisa membatasi ruang gerak anak-anak untuk langsung masuk ke dalam kolam renang.


Level Kolam Renang
  • Kolam Lereng
Tipe kolam renang ini dikhususkan untuk pembuatan di wilayah perbukitan yang memiliki permukaan tanah yang tidak rata. Karena pada tipe ini sebagian badan kolam tertanam di tanah dan sebagian lagi muncul di atas permukaan tanah kecuali fondasinya yang memang harus tertanam di dalam tanah. Meskipun penempatannya di area yang tidak rata, namun menjadikan kolam renang tipe ini lebih terkesan lebih unik. Pemandangan di lereng sebelah bawah kolam renang akan menjadi lebih luas.

Level Kolam Renang
  • Kolam Highrise
Tipe kolam renang ini memiliki posisi yang mengambang di atas permukaan tanah. Seluruh bagian kolam renang dari mulai dasar badan hingga permukaannya berada pada ketinggian yang diinginkan. Sehingga pada kolam renang ini memerlukan fondasi yang tinggi, atau bisa kita sebut tiang-tiang penyangga yang kokoh. Keuntungan dari tipe kolam renang ini pada bagian kolong kolam renang bisa difungsikan sebagai area yang lain misalnya area bermain, ruangan kantor, parkiran dan lain-lain.



Sebuah impian akan membuahkan suatu niat yang biasanya akan menjadi suatu rencana dan tertuang dalam catatan, dan semoga saja rencana kita ke depan menjadi sebuah realisasi. Saat ini kolam renang masih menjadi sebuah simbol borjuis, suatu perlambangan kemapanan sang pemilik. Jadi jika mimpi kita masih ingin memiliki sebuah kolam renang sendiri berarti kita masih memiliki semangat menuju perubahan ke arah perbaikan hidup. Semoga saja Tuhan mengijinkan dan berkenan memberikan kesempatan waktu untuk kita menuju arah yang lebih baik.

Salam.

0 Response to "Level Kolam Renang"

Posting Komentar

Lokasi kami

PT.Dimulti Pilar Narmadi (POOL Division)
JL. As-syafi'iyah No.129, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur, Ph. +62 21 8430 5011 Ext.22
Fax. +62 21 2285 3790
Email. info@typeapprovalindonesia.com