Konstruksi Bentuk Dasar Kolam Renang

Konstruksi Bentuk Dasar Kolam Renang


Menurut kriteria baik dan tidaknya sebuah kolam renang terutama pada kolam renang buatan terletak pada sistem sirkulasi airnya. Karena kubikasi air berpengaruh pada penerapan sebuah sistem yang didukung oleh penggunaan mesin pompa dan instalasi pengairannya, sehingga muncul beberapa rancangan konstruksi bentuk dasar kolam renang yang mengacu pada sistem sirkulasi untuk membantu mempermudahkannya. Dari beberapa bentuk kolam renang bisa dikelompokkan menurut kategori konstruksi dasarnya.

Konstruksi Bentuk Dasar Kolam Renang

Bentuk-bentuk dasar kolam renang menganut beberapa tipe, yaitu:

Konstruksi Bentuk Dasar Kolam Renang

  • Tipe Plat Base
Pada tipe ini sebuah kolam renang memiliki bentuk dasar yang rata dari keseluruhan permukaannya, tanpa ada sebuah kombinasi level. Biasanya tipe ini diterapkan pada kolam renang anak, karena mengurangi resiko kecelakaan untuk anak-anak pada tahapan pengenalan kolam renang dan sebagai sarana bermain air.

Konstruksi Bentuk Dasar Kolam Renang

  • Tipe Wedge Base
Pada tipe ini sebuah kolam renang sebenarnya mempunyai bentuk dasar yang sama pada keseluruhan dasar kolam, namun tipe Wedge Base ini dasar kolam memiliki kemiringan beberapa derajat yang berpusat ke tengah kolam. Tujuannya adalah untuk memudahkan dan mempercepat proses pengosongan kolam renang atau drying disaat kolam renang memerlukan penggantian air maupun perbaikan. Dan biasanya pada pusat kemiringan dasar kolam ditempatkan sebuah saluran buang atau Maindrain.


Konstruksi Bentuk Dasar Kolam Renang

  • Tipe Sloping Base
Pada tipe kolam renang ini terdapat sebuah atau lebih kombinasi level pada face dasar kolam renang dengan bentuk miring atau lebih kita kenal dengan istilah landai yang menghubungkan antara level yang tinggi dengan level yang lebih rendah. Tujuannya untuk memisahkan area yang dangkal dengan area yang dalam. Biasanya tipe Sloping Base ini banyak dipakai pada kolam renang pribadi dan umum yang pemakainya dari semua kalangan usia.

Konstruksi Bentuk Dasar Kolam Renang

  • Tipe Hooper Base
Tipe kolam renang ini mempunyai tujuan yang sama dengan tipe Sloping Base dan Wedge Base sehingga tipe ini memiliki kombinasi pada level dasarnya. Akan tetapi ada sebuah perbedaan yang tajam pada bentuknya yang vertikal dan terjal serta sebagian dasar kolam di area tertentu yang cekung dengan bentuk miring berpusat untuk penempatan saluran Maindrain. Tipe ini juga merupakan sebuah gabungan dari tipe Sloping Base dan Wedge Base.

Namun kenyataannya dari beberapa tipe diatas pada saat ini tipe kolam renang berkembang lagi menjadi lebih beragam sesuai dengan kebutuhan, maksud dan tujuan peciptaan kolam renang. Mungkin bisa juga jika ditimbang dari segi aspek estetika, keunikan dan kesenangan perancangnya pada salah satu bentuk. Jadi tipe-tipe diatas hanya sebagai contoh dasar dari sekian banyaknya konstruksi bentuk dasar kolam renang. Akan tetapi hal yang terpenting yang harus kita pertimbangkan adalah bagaimana agar bentuknya nanti tidak akan mempersulit kita pada proses perawatan kolam renang.

Dan jika anda mempunyai sebuah permasalahan yang belum menemukan jalan keluar tentang rancangan atau gambaran untuk sebuah bentuk kolam renang impian anda, kami akan siap membantu memberikan sebuah konsultasi untuk anda di sini.

Semoga bermanfaat dan Salam.

0 Response to "Konstruksi Bentuk Dasar Kolam Renang"

Posting Komentar

Lokasi kami

PT.Dimulti Pilar Narmadi (POOL Division)
JL. As-syafi'iyah No.129, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur, Ph. +62 21 8430 5011 Ext.22
Fax. +62 21 2285 3790
Email. info@typeapprovalindonesia.com