Kegunaan Kolam Renang

Pada dasarnya kolam renang bisa kita kategorikan menurut masing-masing fungsi dan kegunaan kolam renang, karakter, letak dan lokasi, besar kecilnya dan lain sebagainya. Ada hal-hal yang bisa kita pelajari dari pengelompokan tersebut, karena mungkin dari beberapa referensi kategori ini kita bisa memadukannya menjadi sebuah perwujudan yang menghasilkan karya baru yaitu sebuah kolam renang yang unik dan indah.

Kegunaan Kolam Renang

Di artikel ini saya tidak akan mengupas semua kategori kolam renang hingga gamblang, karena waktu dan tempat memang terkadang membatasi seseorang ketika ingin berbuat lebih. Untuk postingan kali ini saya hanya bermaksud berbagi saja tentang pengelompokan kolam renang tersebut satu demi satu. Baiklah... mungkin bisa kita memulai dari kategori kolam renang berdasarkan pada kegunaan dan peruntukannya dahulu.

Kegunaan Kolam Renang

Jika kita melihat beberapa kegunaannya, kolam renang bisa kita pilah-pilah menjadi beberapa kelompok. Yaitu :


Kegunaan Kolam Renang
  • Private Pool
Yaitu kolam renang pribadi yang fungsinya adalah sebagai tempat berenang khusus sang pemilik kolam dan keluarganya. Umumnya pembangunannya masih berada di lingkup area tempat tinggal sang pemilik kolam. Bisa juga sebagai sebuah pelengkap sebuah estetika yang tinggi pada hunian mewah atau terkadang juga bisa sebagai sesuatu yang akan mengangkat sebuah nilai jual tempat/rumah tersebut.




  • Public Pool

Yaitu kolam renang umum yang difungsikan sebagai tempat berenang khalayak ramai  dan masyarakat sekitar. Pada umumnya pembangunannya berada pada lingkup kelompok seperti perumahan, komunitas, sekolah, hotel, tempat pariwisata dan lain sebagainya. Dan biasanya untuk bisa masuk ke area kolam renang tersebut memerlukan tiket atau berbayar, terlepas dari berapa nilai tersebut. Karena nilai bayar yang lebih mahal seharusnya juga akan memberikan sebuah pelayanan yang lebih pula, seperti kenyamanan, keamanan dan fasilitas alat bantu dan lain-lainnya.





Kegunaan Kolam Renang


  • Competition Pool
Yaitu kolam renang yang fungsinya adalah sebagai tempat perlombaan berenang dan kompetisi lainnya seperti Polo Air dan lain-lain. Biasanya pembangunannya terletak di kawasan tempat olah raga atau stadium yang memiliki lahan luas, karena biasanya pada kolam renang ini memerlukan tempat khusus untuk para penonton dan tempat berkumpulnya team. Dan standard pembangunannya memiliki satu ukuran yang sudah ditentukan baik di lingkup nasional atau internasional.





Kegunaan Kolam Renang

  • Exercise Pool
Yaitu sebuah kolam renang yang berfungsi sebagai tempat berlatih, baik berlatih berenang, polo air, selancar dan hal-hal yang berhubungan dengan berenang atau olahraga air. Terlepas berapa besar ukuran kolam renang tersebut karena hal ini tergantung dari kebutuhan masing-masing. Dan biasanya kolam ini memerlukan sebuah alat untuk membantu pelatihan.

Kegunaan Kolam Renang






  • Lap Pool
Yaitu sebuah kolam renang yang difungsikan sebagai tempat terapi yang khusus diperuntukkan untuk para penderita penyakit tertentu, seperti asma dan flek. Sehingga mereka bisa berolahraga dengan teratur sesuai anjuran yang mereka dapatkan. Biasanya pembangunannya tidak memerlukan lahan yang luas, karena memang kepentingannya yang spesifik.








Kegunaan Kolam Renang

  • Hot Tub
Yaitu sebuah kolam renang yang digunakan di tempat-tempat Spa dengan ukuran minimum sebagai tempat rileksasi atau penyegaran tubuh. Dan umumnya pada kolam ini di tambahkan dengan sebuah alat pemanas buatan atau heater, karena kolam ini juga berhubungan dengan hal-hal yang bersifat terapi yang memerlukan airnya dalam keadaan hangat.







Dari beberapa kegunaan kolam renang tersebut kita bisa menentukan kategori mana yang akan kita jadikan sebuah tujuan ketika kita berencana untuk membangun kolam renang. Atau jika mungkin anda ingin mengkonsultasikannya dengan kami, silahkan hubungi kami di sini.

Salam.


0 Response to "Kegunaan Kolam Renang"

Posting Komentar

Lokasi kami

PT.Dimulti Pilar Narmadi (POOL Division)
JL. As-syafi'iyah No.129, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur, Ph. +62 21 8430 5011 Ext.22
Fax. +62 21 2285 3790
Email. info@typeapprovalindonesia.com