Karakter Kolam Renang

Melanjutkan komitmen saya pada postingan tentang fungsi dan kegunaan kolam renang kemarin, kali ini akan saya teruskan beberapa kategori yang ada pada tema beragam kolam renang dan pengelompokannya. Pada dasarnya kolam renang itu ada kemudian dimanfaatkan sebagai sarana dengan sebuah tujuan yang sama yaitu untuk media melakukan aktifitas renang. Namun jika dilihat dari beberapa sudut pandang yang berbeda maka kita bisa melihat perbedaan mendasar yang akan menjadi sebuah faktor penentu sebagai salah satu bagian sebuah kelompok kategori.

Karakter Kolam Renang


Dilihat dari sudut pandang proses terjadinya, kolam renang ini bisa dibedakan menjadi 2 bagian yaitu:

Karakter Kolam Renang

  • Kolam Renang Alami
Kolam yang proses penciptaannya terjadi dengan sendirinya atau boleh dibilang bersama penciptaan alam itu sendiri, seperti halnya laut, danau, telaga, dan sejenisnya. Pada kolam renang alami ini tidak membutuhkan sebuah penanganan yang khusus, mungkin hanya memerlukan perhatian untuk kelestariannya saja dan itu merupakan tanggungjawab kita bersama.



Karakter Kolam Renang

  • Kolam Renang Buatan
Kolam renang yang pada proses awal terjadinya membutuhkan sebuah ide, rancangan dan campur tangan manusia, kemudian menjadi sebuah perubahan pada alam di lokasi penempatannya sehingga bisa memiliki fungsi dan manfaat bagi penciptanya pada khususnya maupun masyarakat luas pada umumnya.


Karakter Kolam Renang


Dari kedua jenis kolam renang yang ditinjau dari karakteristiknya tersebut, maka dari jenis kolam renang buatanlah yang membuat pengelompokannya berkembang menjadi luas dan beragam. Jika kita kelompokkan lagi, kolam renang buatan bisa kita pilah-pilah dari sudut pandang Letak atau Lokasi, Level Penempatan, Jumlah Kolam, dan Airnya. Mari kita bahas satu persatu.

Dari sisi Letak atau Lokasi kolam renang ini bisa kita kelompokkan menjadi beberapa kategori, yaitu:

Karakter Kolam Renang

  • Indoor
Lokasi kolam renang terdapat di dalam ruangan yang tertutup. Kolam renang ini memiliki keuntungan untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sehingga pertumbuhan alga di dalam kolam tidak terlalu cepat, begitu juga dengan sampah dedaunan dan debu tidak terlalu banyak masuk ke dalam kolam sehingga mempermudah perawatan




Karakter Kolam Renang
  • Outdoor
Lokasi kolam renang berada di luar ruangan atau di area terbuka. Kolam renang jenis ini memiliki keuntungan pada penambahan dekorasi dan aksesoris/peralatan kolam renang akan lebih leluasa, Meskipun pertumbuhan lumut pada kolam renang ini lebih cepat daripada kolam renang indoor, namun jika perawatannya rutin dilakukan maka kondisi air juga akan tetap stabil.

Karakter Kolam Renang

  • Semi Outdoor
Lokasi kolam renang ini berada di luar ruangan, akan tetapi ditambahkan penutup dengan pemasangan atap untuk menghambat sinar matahari langsung mengenai kolam. Jenis kolam renang gabungan antara kolam renang indoor dan outdoor ini memiliki keuntungan dari keduanya. Namun pada sisi pengeluaran biaya akan lebih besar pada proses pembuatan.




Mungkin sekian dulu kami mengulas bermacam karakter kolam renang menurut beberapa sisi pandangnya ini, Insya Allah akan kami lanjutkan kembali pada artikel selanjutnya untuk sisi pandang yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Salam.

0 Response to "Karakter Kolam Renang"

Posting Komentar

Lokasi kami

PT.Dimulti Pilar Narmadi (POOL Division)
JL. As-syafi'iyah No.129, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur, Ph. +62 21 8430 5011 Ext.22
Fax. +62 21 2285 3790
Email. info@typeapprovalindonesia.com