Gaya dan Tipe Kolam Renang

Sebenarnya saya sudah tidak ingin mengulas tentang bentuk-bentuk kolam renang, karena sudah banyak artikel yang memuat dan mengupas hal ini. Tapi saya pikir kembali memang tak ada salahnya jika saya juga harus memberikan sebuah apresiasi untuk sebuah permintaan. Jadi sepertinya tak perlu panjang lebar saya membuka artikel ini.

Bentuk dan Tipe Kolam Renang
Jika dilihat dari sisi fisiknya, gaya dan tipe kolam renang sangatlah beragam dan setiap bentuknya memiliki kelebihan dan keunikannya tersendiri. Nah jika kelak anda ingin memiliki sebuah kolam renang, anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan untuk anda wujudkan. Pertimbangkan dengan pasti sebelum tahapan berikutnya dimulai, karena bentuk dan ukuran sebuah kolam renang berpengaruh pada lamanya waktu pembuatan yang tentunya akan berpengaruh juga pada anggaran yang musti anda persiapkan.

Gaya dan Tipe Kolam Renang

Berikut ini beberapa contoh kolam renang yang umum kita temui dari bentuk dasarnya.

Bentuk dan Tipe Kolam Renang

1. Tipe Rectangular

Bentuk kotak atau persegi panjang adalah sebuah bentuk yang paling mendasar dan sederhana pada sebuah kolam renang. Mungkin bentuk rectangular ini adalah salah satu yang tertua, minimalis dan paling menghemat waktu pengerjaan. Tipe Rectangular ini juga merupakan bentuk yang paling memaksimalkan sebuah lahan/area pembangunannya. Bentuk ini cocok sekali diperuntukan sebagai tempat berlatih dan sebagai ajang perlombaan.

Bentuk dan Tipe Kolam Renang

2. Tipe Circular

Bentuk lingkaran ini merupakan tipe yang paling cocok untuk sebuah kolam renang anak. Karena kebanyakan dari anak-anak cenderung menyukai. Apalagi jika ditambah dengan beberapa air terjun atau pancuran. Akan tetapi pada proses pengerjaannya membutuhkan ketelitian dan waktu yang lebih lama dari bentuk kotak biasa. Pada tipe ini akan ada lahan lebih yang bisa anda fungsikan sebagai taman atau area bermain anak. Jadi anda bisa menambahkan dengan beberapa alat bermain seperti ayunan atau jungkat-jungkit.

Bentuk dan Tipe Kolam Renang

3. Tipe Oval

Bentuk bulat telur/lonjong ini juga akan menyisakan beberapa area yang lebih. Keunggulan tipe oval ini adalah bisa menyesuaikan diri jika dirancang pada lahan yang sempit dan panjang, atau lebih tepatnya bentuk pada tipe ini bisa disebut dengan bentuk lingkaran yang kurang sempurna. Jika anda ingin menambahkan kesan indah, anda bisa mengubahnya menjadi benar-benar menyerupai bentuk telur.

Bentuk dan Tipe Kolam Renang

4. Tipe L Pool

Bentuk huruf L ini akan sangat memaksimalkan sudut yang berada pada sebuah lahan. Tipe ini sederhana namun tidak kaku, akan lebih terkesan luwes dan indah jika saja anda juga menambahkan beberapa sodetan atau dengan sebuah irisan berupa sebuah tangga ataupun pancuran air pada bagian tertentu. Jika anda menyukai tipe ini, anda juga bisa memanfaatkan sisa lahan sebagai sebuah taman dan menambahkan Gazebo untuk bersantai.

Bentuk dan Tipe Kolam Renang


5. Tipe Kidney

Bentuk tipe yang ini hampir menyerupai bentuk sebuah ginjal. Biasanya kolam renang dengan gaya kidney ini pada area sisa bisa dimanfaatkan dengan penambahan beberapa kursi malas dengan payungnya sebagai area istirahat dan bersantai. Bisa juga dijadikan area bermain dengan menambahkan beberapa alat permainan.


Bentuk dan Tipe Kolam Renang

6. Tipe Free Form

Pada Tipe Free Form ini tidak memiliki batasan-batasan bentuk yang khusus dan ukurannya. Jadi keinginan andalah yang akan memberikan sebuah bentuk tersendiri yang mungkin saja akan menjadi suatu ciri dan kekhasan yang tidak akan dimiliki kolam renang yang lainnya. Sesuaikan saja ukuran lahan yang ada dengan ukuran kolam renang yang akan dibuat, dan pertimbangkan dengan kepentingan-kepentingan anda ke depan.

Bentuk dan Tipe Kolam Renang
7. Tipe Double Roman

Pada tipe ini memiliki unsur budaya Romawi yang menjadi satu ciri khasnya. Yaitu pada kedua sisi samping terdapat lengkungan keluar. Namun jika kolam renang hanya memiliki sebuah lengkungan pada sisinya, maka bentuk ini menganut tipe Roman saja. Biasanya pada lengkungan tersebut bisa dimanfaatkan dengan penempatan sebuah tangga atau Jakuzzi.


Bentuk dan Tipe Kolam Renang
8. Tipe Greecian

Tipe ini bertolak belakang bentuknya dengan tipe sebelumnya. Kolam renang dengan bentuk Greecian ini menganut unsur budaya Yunani. Karena memiliki lengkungan ke dalam kolam pada setiap sudutnya yang memberikan kesan menjadi sebuah bentuk ornamen pada sebuah bingkainya. Anda bisa memanfaatkan area lengkungan sebagai tempat pot tanaman atau pancuran yang akan menambah indah kolam renang.


Gaya dan Tipe pada Bentuk Kolam Renang
 9. Tipe Paradise

Tipe ini mengadopsi bentuk tipe Roman, hanya saja penempatan bentuk lengkungannya lebih besar (3/4 lingkaran) dan diletakkan pada salah satu sudutnya. Biasanya area lengkungan difungsikan sebagai kolam dangkal khusus anak-anak pada kolam renang umum atau sebagai area Jakuzzi pada kolam renang pribadi. Jika ditarik garis persegi pada tipe ini, anda akan mempunyai area lebih yang bisa dimanfaatkan untuk menempatkan kursi malas atau difungsikan sebagai taman agar menambah indah view area kolam renang

Gaya dan Tipe pada Bentuk Kolam Renang

10. Tipe Sorento

Bentuk tipe Sorento ini mirip dengan tipe Rectangular, hanya saja terdapat perbedaan pada sedikit penambahan bentuk Trapesium yang terkesan menempel kemudian menyatu dengan kolam utama pada salah satu sisi mendekati sudut kolam. Pada umumnya bagian yang terlihat seperti sebuah Trapesium ini difungsikan sebagai area penempatan anak tangga untuk masuk ke kolam renang. Tapi bisa juga anda tempatkan sebuah pancuran air untuk menambah keindahan kolam renang jika anda ingin memaksimalkan fungsi kolam.


Gaya dan Tipe Kolam Renang

Mungkin ini saja gaya dan tipe kolam renang yang bisa menjadi sebuah referensi untuk anda, Sebagai bahan dan pertimbangan anda untuk memilih bentuk kolam renang nanti jika anda bermaksud merencanakan pembuatannya. Atau anda sudah menemukan yang lainnya? Congratulation...!!
Hanya satu pesan saya, jangan lupakan perawatannya jika memang impian anda sudah terwujud. Karena biasanya membangun itu jauh lebih mudah daripada memeliharanya.

Salam.

0 Response to "Gaya dan Tipe Kolam Renang"

Posting Komentar

Lokasi kami

PT.Dimulti Pilar Narmadi (POOL Division)
JL. As-syafi'iyah No.129, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur, Ph. +62 21 8430 5011 Ext.22
Fax. +62 21 2285 3790
Email. info@typeapprovalindonesia.com