Operasional Kolam Renang

Operasional Kolam Renang

Ternyata apa yang dahulu terfikir di otak saya tentang sebuah kolam renang belumlah benar. Dan pada kenyataannya hingga hari ini masih banyak dari kita yang berpendapat sama dengan saya di hari yang lalu. Karena pada umumnya kita datang menuju kolam renang hanya memiliki tujuan untuk mengambil sebuah manfaat dari keberadaan kolam renang tersebut sebagai tempat dan sarana beraktifitas, bersenang-senang atau berekreasi.

Akan tetapi jika kita mau meluangkan waktu untuk menengok ke balik sisi yang lain, bahwa ada sebuah tim yang paling berjasa pada kelangsungan operasional kolam renang. Baik itu umum maupun kolam renang pribadi. Sebuah tim yang tak pernah terlintas sekalipun untuk kita beri perhatian, akan tetapi lebih sering kita pandang dengan sebelah mata, yaitu tim perawatan kolam renang. Dari tangan merekalah kita bisa menikmati kesegaran dan kesejukan air di dalam kolam renang terlepas mereka merupakan bagian dari pengelola kolam renang umum ataupun penyedia jasa perawatan kolam renang.

Pada artikel ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang bagian-bagian fital yang bisa saja mengganggu beroperasinya sebuah kolam renang, agar kolam renang menjadi ideal. Sebelum kita lanjutkan, sebaiknya kita ketahui dahulu bagian yang termasuk ke dalamnya.
Kolam renang terdiri dari beberapa bagian fital yaitu :
  • KOLAM
Yaitu sebuah tempat atau wadah sebagai media menampung dan menyimpan air untuk dipergunakan menuju tujuan yang lebih luas misalnya memelihara ikan, menampung air bersih, berenang, merendam sesuatu dan lain sebagainya. Termasuk seluruh material yang berada di dalamnya seperti air, mozaik, air mancur, tangga dan lain-lain.
  • MESIN 
Kolam yang digunakan untuk tujuan tertentu seperti halnya dengan kolam renang ini biasanya membutuhkan alat bantu (mesin pompa) agar fungsi kolam optimal. Maka dari itu pada proses perencanaan sebelum pembuatan kolam renang menjadi paling penting, karena pada kolam renang wajib disediakan satu ruang tersendiri sebagai tempat penyimpanan mesin pompa sebagai komponen yang fital.

Operasional Kolam Renang

  • PLUMBING/PEMIPAAN
Pada kolam renang diperlukan sebuah sistem yang menghubungkan antara fungsi kolam dan mesin menjadi sebuah kesatuan fungsi (sirkulasi) untuk mencapai tujuan. Hal ini biasa kita kenal dengan pemipaan atau Plumbing. Sistem ini menjadi sangat fital dan penting untuk diperhatikan, karena sebuah kesalahan perencanaan akan mempengaruhi kerja kolam renang dan mesin. Namun terkadang hal ini seringkali disepelekan dan kurang diperhatikan.


Operasional Kolam Renang

Operasional Kolam Renang

Sebagaimana menurut fungsi dan tujuan, kolam renang yang baik menuntut pengelolaan yang baik pula. Karena perawatan yang asal-asalan lambat laun hanya akan merusak segalanya, baik fungsi maupun nilai estetika pada kolam renang. Mungkin beberapa dari kita kurang memperhatikan pentingnya hal tersebut. Bisa anda bayangkan betapa sia-sia saja dana yang cukup besar yang sudah kita keluarkan dari semenjak proses perencanaan hingga proses pembuatan kolam renang itu selesai.

Namun ketika kita tidak bisa turun tangan merawat dan memelihara keseluruhan bagian-bagian yang fital pada kolam renang itu sendiri, sudah sewajarnya kita juga harus merelakan dana tambahan sebagai kompensasi dari sebuah pekerjaan perawatan itu. Banyak sekali para penyedia jasa perawatan yang ada di Indonesia, baik perorangan ataupun perusahaan dengan harga yang bervariatif pula. Kita bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan kepentingan kita.

Di lain sisi kita juga mesti paham, bahwa untuk mengoperasikan sebuah kolam renang juga memerlukan dana yang tidak murah. Jika anda memakai jasa perawatan, sebaiknya anda konsultasikan apa tujuan anda, dan apa yang akan anda dapatkan setelah anda mengeluarkan dana tambahan untuk sebuah operasional kolam anda. Karena sudah menjadi hak anda untuk mendapatkan servis yang baik dari sebuah pekerjaan tersebut jika saja kewajiban anda sudah terlaksana. Jadi jangan pernah ragu untuk mengutarakan sebuah kritikan, jika hal itu bisa merubah sesuatu menjadi lebih baik. Tentunya dengan cara yang santun dengan mengedepankan tetap terjalinnya hubungan baik dan terciptanya kerjasama yang senantiasa saling menguntungkan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Operasional Kolam Renang"

Posting Komentar

Lokasi kami

PT.Dimulti Pilar Narmadi (POOL Division)
JL. As-syafi'iyah No.129, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur, Ph. +62 21 8430 5011 Ext.22
Fax. +62 21 2285 3790
Email. info@typeapprovalindonesia.com